Cara Berpakaian Menarik Jika Anda Gemuk

Kelebihan berat badan bukan berarti Anda tidak bisa terlihat menarik! Yang dibutuhkan adalah sedikit pengetahuan dan kepercayaan diri yang cukup. Berpenampilan menarik bukan dilihat dari harga pakaian Anda, tetapi ini tentang mendandani diri Anda dengan cara yang membuat Anda merasa nyaman dan memperlihatkan keistimewaan Anda. Inilah saatnya menggunakan mode untuk memperbaiki penampilan Anda.




Bagian 1 Memperkuat Gaya Berbusana



1
Ketahui dasar-dasar tentang cara menonjolkan atau menyembunyikan area tertentu pada tubuh Anda. Warna, potongan dan pola pakaian yang Anda kenakan dapat menarik perhatian orang-orang kepada atau menjauhi bentuk tubuh Anda. Berikut adalah beberapa dasar-dasarnya:
Warna gelap akan menyembunyikan, sedangkan warna terang akan menonjolkan. Jadi jika Anda menyukai bagian pinggang Anda, kenakan ikat pinggang berwarna terang yang dipadukan dengan kemeja berwarna gelap. Jika Anda ingin menyembunyikan bagian bawah tubuh Anda, kenakan celana berwarna gelap dan atasan yang berwarna lebih terang.
Pola-pola besar pada pakaian akan membuat Anda terlihat lebih besar, sementara pola-pola kecil dapat membuat Anda terlihat lebih kecil.

Hindari garis-garis horizontal. Pola garis-garis pada pakaian tidak akan menjadi masalah pada penampilan Anda selama garis-garis tersebut merupakan garis diagonal atau vertikal. Jika Anda ingin terlihat lebih besar di area payudara, garis-garis horizontal akan memperbesar penampilan area dada Anda.

Hindari mengenakan pakaian yang memiliki renda di bagian tubuh manapun yang ingin Anda buat agar tampak lebih kecil; jangan menempatkan renda pada area tubuh yang yang ingin Anda samarkan.
Kenakan aksen lipit atau kumpulan kain pada area tubuh yang ingin Anda buat agar tampak lebih kecil. Misalnya, Anda mungkin perlu mencari baju renang terusan yang memiliki aksen lipit di bagian perut.

Ketahui warna yang terlihat cocok untuk Anda. Warna yang tepat dapat membuat warna kulit Anda bersinar, sementara warna yang salah dapat membuat Anda terlihat pucat dan tidak menarik.
Mengenakan sesuatu yang longgar seperti blus akan memastikan bahwa gaya berpakaian Anda lumayan.

2
Kenakan pakaian dalam yang pas ukurannya dengan Anda. Memang benar bahwa pakaian dalam Anda adalah dasar dari penampilan Anda - memang sulit untuk terlihat bagus jika Anda mengenakan pakaian dalam yang tipis yang tidak cukup menyokong tubuh Anda.
Belilah bra yang pas ukurannya (untuk perempuan). Bra yang baik tidak hanya akan membantu mengangkat bentuk tubuh Anda dan membuat Anda tampak lebih muda, tetapi juga akan membantu menghindarkan Anda terkena sakit punggung. Jika Anda ragu mengenai ukuran bra Anda, kunjungi toko serba ada seperti Nordstrom atau Dillard (Amerika Serikat) untuk pengepasan ukuran. Jangan pernah pergi ke Victoria’s Secret - kemungkinan Anda akan memerlukan ukuran yang tidak biasa, dan mereka menjual berbagai ukuran yang sempit.
Untuk mengurangi sedikit ukuran di pinggul dan paha, kenakan pakaian dalam yang berpinggang tinggi dan berkaki rendah yang terbuat dari bahan katun yang menyokong dan ketat.

Pastikan pakaian dalam Anda menutupi bagian tubuh Anda dengan baik. Pakaian dalam yang terlalu kecil bukanlah pakaian dalam yang harus Anda beli. Jika Anda tidak dapat menemukan ukuran yang tepat di mal atau toko-toko setempat, carilah secara daring.


3
Carilah model dan bahan kain yang akan memperbaiki penampilan bagian bawah tubuh Anda. Jika Anda memiliki bentuk tubuh yang cenderung lebih besar di daerah pinggul dan kaki (yaitu, bentuk tubuh tipe "buah pir"), beri perhatian lebih pada kiat ini:
Carilah rok dan celana yang pas badan. Hindari celana longgar dan celana yang lebar di bagian tungkai.

Hindari pakaian yang tak berbentuk, seperti rok lurus (broomstick) dan gaun "satu ukuran". Sebaliknya, carilah pakaian yang membentuk pinggang.
Jika Anda sedang mencari rok, jangan ragu untuk memilih rok yang potongannya seperti huruf A (A-line). Hindari rok pensil.
Belilah setidaknya satu celana denim yang pas di tubuh Anda. Celana denim ketat (skinny) atau berpotongan lurus dengan warna yang gelap akan tampak bagus untuk Anda.

Berhati-hatilah dengan legging. Bagi beberapa wanita, kemeja yang panjang atau gaun jika dipadukan dengan legging akan membuat penampilan tampak langsing dan modis. Namun, jika Anda memiliki pinggul, paha, atau bokong yang besar, legging bisa terlihat mengerikan untuk penampilan Anda.


4
Pilihlah pakaian yang akan memperbaiki penampilan bagian atas tubuh Anda. Tergantung pada jenis tubuh Anda, hal ini bisa menjadi bagian yang sulit atau mungkin menjadi hal yang mudah. Jika bentuk tubuh Anda cenderung lebih besar di area perut dan bahu (atau tipe bentuk tubuh "apel"), kiat ini bisa membantu:
Pilihlah baju kaus dan gaun yang memiliki bentuk ketimbang kemeja "lurus" dan gaun yang longgar. Pakaian tersebut harus pas membentuk pinggang dan bahu Anda.
Untuk pria, kenakan kemeja yang pas badan. Beri perhatian ekstra pada bagian leher dan pergelangan tangan agar kemeja pas membentuk bagian-bagian tersebut.

Untuk wanita, hindari atasan yang bertali kecil atau halter. Anda perlu mencari baju yang dapat menutupi tali bra Anda, karena tali bra Anda mungkin berbentuk lebar.
Kenakan kardigen dan jaket panjang tangan - jangan memilih yang bergaya lengan tanggung.

Jika Anda menyukai lengan Anda, kenakan baju berlengan tiga perempat. Jika Anda tidak menyukai lengan Anda, kenakan baju berlengan penuh atau lengan pendek - mengenakan atasan berlengan setengah akan membuat penampilan Anda terlihat lebih tidak menarik.
Jika Anda memakai celana denim ketat (skinny) atau legging, cobalah padukan dengan atasan bergaya tunik yang sedikit longgar. Mengenakan atasan yang longgar tidak akan menjadi masalah asalkan dipadukan dengan bawahan yang ketat dan pas badan.

Kemeja berkancing harus pas membentuk area dada dan perut. Itu berarti tidak ada bagian yang longgar ketika kemeja dikancingkan. Jika ada, kemeja tersebut tidak pas.

5
Kenakan aksesori! Aksesori yang indah dan tidak biasa tidak hanya membuat penampilan Anda lebih maksimal, tetapi juga cocok dikenakan pada orang yang gemuk ataupun kurus.
Wanita yang memiliki tubuh lebih besar sebaiknya menghindari perhiasan yang besar dan mencolok yang akan membebani penampilan wanita yang memiliki tubuh lebih kecil. Namun, anting-anting dan liontin yang mungil akan terlihat terlalu kecil untuk penampilan Anda.

Tas tangan yang besar dapat membantu membuat Anda terlihat lebih kecil, karena tas tersebut tidak terlihat kecil di samping Anda.

Dua atau tiga gelang besar akan membuat pergelangan tangan gemuk Anda tampak langsing. Memakai anting-anting panjang yang menggantung akan membuat leher Anda tampak lebih panjang.
Sepatu bot yang bagus, seperti sepatu bot "gaya penunggang kuda" dapat memberikan ilusi betis yang ramping. Sepatu bot yang tepat akan meningkatkan penampilan Anda saat mengenakan rok atau celana.

Jika Anda memiliki kaki dan pergelangan kaki yang besar, hindari alas kaki yang rapuh atau tipis; itu akan membuatnya terlihat seolah-olah Anda akan jatuh, atau tenggelam ke lantai. Di sisi lain, sepatu bersol wedges memang tampak luar biasa, namun membuat kaki Anda tampak besar.
Yang terakhir, percayalah pada diri Anda sendiri. Anda adalah Anda.

6
Kenakan pakaian yang ketat di area dada dan longgar di area perut, atau kenakan kaus longgar yang manis.

7
Kenakan celana pendek berbahan denim selama musim kemarau. Semakin panjang celana yang Anda kenakan, kaki Anda akan semakin tidak terlihat.


Bagian 2 Sebelum Anda Berbelanja


1
Perbaiki suasana hati Anda. Sedikit perbaikan kecil pada pikiran Anda dapat membuat banyak perbedaan dalam cara Anda melihat segala sesuatu, dan (bagian terbaiknya) hal itu benar-benar gratis. Pupuk rasa percaya diri Anda dalam area ini:
Berhentilah memperhatikan label ukuran. Terutama di Amerika Serikat, ukuran pakaian bisa sangat tidak masuk akal dan bukan standar dari perancang ke perancang. Jangan berfokus untuk mempertahankan ukuran tertentu, dan kemudian berakhir dengan patah hati ketika pakaian yang pas dengan Anda lebih besar dari pakaian itu. Sebaliknya, fokuslah untuk mencari pakaian yang pas. Jika ini membantu, potonglah label ukuran dari semua pakaian Anda.

Habiskan waktu Anda untuk merawat diri. Anda layak mendapat perhatian, dan Anda pantas untuk merasa lebih baik. Jadwalkan waktu Anda setiap hari untuk perawatan, dan jangan melanggar janji tersebut. Berpikir bahwa tidak apa-apa bagi Anda untuk terlihat tidak rapi karena dengan sudah memiliki berat badan yang berlebih saja merupakan hal terburuk yang dapat Anda lakukan. Beri perhatian pada kulit, rambut, kuku tangan dan kuku kaki, rambut tubuh (opsional) dan riasan wajah (opsional).
Terimalah tubuh Anda apa adanya untuk saat ini. Anda mungkin memiliki tujuan jangka panjang untuk mengubah tubuh Anda, tetapi kemungkinan hal itu tidak akan terjadi dalam semalam. Alih-alih terobsesi dengan bentuk fisik yang belum Anda miliki, hargai tubuh Anda apa adanya hanya untuk saat ini. Ingatlah, Anda hanya memiliki satu tubuh - bersikap baiklah padanya!


2
Kenakan pakaian dengan percaya diri. Apa pun yang Anda kenakan, pastikan Anda percaya diri mengenakan pakaian tersebut, dan bukan sebaliknya. Jika Anda bergumul dengan kepercayaan diri, cobalah hal-hal ini:
Jangan membeli pakaian "tenda". Pakaian yang terlalu besar mungkin tampak seperti pakaian tersebut sedang membantu menyembunyikan tubuh Anda, tetapi sebenarnya pakaian tersebut berhubungan dengan kurangnya kepercayaan diri. Sebaliknya, belilah pakaian yang pas dan percayakan pada warna, pola dan hiasan untuk menyamarkan kekurangan Anda (lihat lebih lanjut di bawah ini).

Perlihatkan postur tubuh yang baik. Cara Anda membawa tubuh Anda dapat memberikan banyak perbedaan untuk penampilan pakaian Anda. Jaga dagu Anda tetap tinggi, bahu Anda ke belakang, punggung Anda lurus, dan pinggul Anda lurus di atas kaki Anda. Ketika Anda berjalan, jangan menyeret dan nyaris tidak mengangkat kaki Anda dari tanah - sebaliknya, berlatihlah sejenis cara berjalan "meluncur" yang ratu kecantikan pelajari, yang tidak menyebabkan tubuh Anda terlalu banyak bergerak naik turun. Anda dapat melatihnya dengan trik lama yaitu menjaga keseimbangan buku di atas kepala.

Mode seharusnya membuat Anda merasa baik. Pakaian seharusnya tidak membuat Anda merasa buruk tentang diri Anda. Pakaian seharusnya memberikan kenyamanan, perlindungan, kerendahan hati, dan kesenangan estetika. Jika itu tidak terjadi, maka pakaian tersebut tidak modis untuk Anda.


3
Ketahui hasil pengukuran tubuh Anda. Mengukur lingkar bagian-bagian tubuh Anda mungkin tampak seperti mimpi terburuk Anda, tetapi Anda harus tahu ukuran Anda jika Anda ingin berpakaian dengan baik. Cobalah mengeluarkan diri Anda dari situasi ini sebanyak mungkin, dan pikirkanlah bahwa ini adalah hanyalah sebuah angka biasa - itu bukanlah pengukuran Anda sebagai seorang manusia.
Belilah meteran kain yang dapat dilipat menjadi gulungan kecil. Para penjahit menggunakannya. Atau, jika Anda sedang kekurangan uang, tanyakan apakah Anda dapat mengukurkan lingkar tubuh Anda di penjahit.
Ukur lingkar leher, dada dan bagian bawah payudara (untuk wanita), pinggang, pinggul, dan paha.
Catat pengukuran Anda. Simpanlah informasi yang berguna ini setiap kali Anda berbelanja, sehingga Anda akan tahu persis apa yang Anda butuhkan.


4
Carilah penjahit yang bagus. Kadang-kadang tubuh Anda tidak dapat menyesuaikan dengan pakaian yang ada "di rak" toko. Anda mungkin memiliki payudara yang cukup tetapi memiliki pinggang yang kurus, misalnya, dan sehingga sebagian besar pakaian pas di bagian dada Anda tetapi tidak pas di bagian pinggang Anda. Alih-alih mengenakan pakaian yang tidak membuat Anda menarik, bawa pakaian tersebut ke seorang profesional untuk mengubah ukurannya untuk Anda. Tanyakan penatu Anda untuk rekomendasi.


Bagian 3 Berbelanja Pakaian



1
Jadikan kegiatan belanja menjadi pengalaman yang positif. Jika Anda takut pergi belanja karena hal itu akan memaksa Anda untuk fokus pada ukuran Anda, cobalah untuk mengubahnya dan membuatnya menjadi acara yang menyenangkan. Bawalah seorang teman yang optimis, atau pergilah dengan sikap bahwa tidak akan ada yang bisa membuat Anda sedih hari ini. Lihatlah karyawan sebagai orang yang peduli tentang pakaian dan akan dengan senang hati untuk membantu Anda mencari yang terbaik. Jika seseorang membuktikan bahwa Anda salah, pindah ke penjual berikutnya.


2
Fokuslah pada kualitas daripada kuantitas. Alih-alih membeli berbagai pakaian yang ketinggalan zaman dan sembarangan yang tidak membuat penampilan Anda menarik, belilah beberapa pakaian bagus yang sangat Anda sukai dan untuk sementara waktu.
Jangan hanya mencari di toko cuci gudang. Diskon bukanlah suatu masalah jika Anda melihat sesuatu yang akan Anda beli untuk harga yang bagus, tetapi jangan membuatnya menjadi fokus eksklusif belanja Anda. Pikirkan dengan cara ini: Sedikit barang berkualitas tinggi yang membuat Anda merasa luar biasa dan bertahan lama selama 3 atau 4 tahun pada akhirnya merupakan nilai yang lebih baik daripada 10 atau 15 pakaian dari toko cuci gudang yang cepat usang dan membuat Anda merasa tidak terlalu baik.


3
Belilah pakaian sesuai usia (lebih berkaitan untuk perempuan). Berikut adalah aturan yang baik: Jika seseorang berusia 20 tahun lebih muda atau 20 tahun lebih tua daripada Anda juga akan berbelanja di toko serba ada ini, sesuaikan diri Anda. Anda tidak ingin terlihat terlalu muda dan tampak seperti Anda sedang berusaha keras, tetapi Anda juga tidak ingin membeli pakaian untuk usia Anda. Jika Anda tidak yakin, lihat-lihatlah pelanggan lain - apakah mereka kurang lebih seusia Anda?


4
Lihatlah pembelian potensial Anda dari sudut yang berbeda. Duduklah di depan cermin kamar ganti. Banyak wanita yang kelebihan berat badan tidak menyadari bahwa pakaian yang terlihat bagus saat Anda berdiri merupakan bencana saat Anda duduk. Apakah rok Anda naik dan memperlihatkan paha gempal Anda? Dapatkah Anda melambaikan tangan pada teman di seberang ruangan tanpa terkekang lengan baju Anda? Jika ada kemungkinan bahwa Anda akan merasa tidak nyaman, temukan alternatif: tidak ada yang lebih buruk daripada dugaan bahwa setiap gerakan yang tiba-tiba akan merobek jahitan pakaian Anda.
Tips
Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat/kecil. Ini malah akan membuat Anda terlihat lebih besar. Tetapi pada saat yang sama, jangan memakai pakaian yang terlalu longgar.
Dandani diri Anda dengan baik. Seorang wanita berbadan besar yang mengenakan pakaian bermerek Chanel, memiliki kuku yang indah, duduk dengan elegan, dan memiliki rambut lebat yang berkilau, akan lebih banyak memenangkan perhatian daripada seorang gadis kurus yang kelihatannya seperti ia perlu mandi.
Sadarilah akan kekuatan ilusi. Kadang-kadang Anda bertemu wanita-wanita dan sangat mempesona dengan kalung antik mereka, tas tangan bergaya tahun '40-an, rok yang disesuaikan dan riasan wajah yang indah, yang untuk beberapa saat Anda baru menyadari bahwa mereka memiliki ukuran tubuh yang besar. Jika Anda meninggalkan rumah sambil berpikir bahwa Anda terlihat luar biasa, kemungkinan beberapa orang lain akan berpikir begitu juga akan lebih besar.
Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat pada Anda. Sebuah tes dilakukan di mana dua wanita berdiri, salah satunya mengenakan pakaian sesuai ukuran tubuhnya dan yang satu lagi memakai pakaian yang lebih ketat dan 97% wanita berpikir bahwa wanita yang memakai pakaian yang lebih kecil memiliki ukuran tubuh yang lebih besar. Mengenakan pakaian yang ketat tidak hanya akan menyebabkan bagian-bagian tubuh Anda menonjol keluar, pakaian itu juga akan membuat Anda sulit untuk membungkuk, duduk atau bahkan berjalan!
Gaya rambut bervolume sangatlah membantu. Gaya rambut ini menyeimbangkan ukuran tubuh Anda. Wanita bertubuh besar dengan potongan rambut pendek seperti laki-laki memiliki risiko kepala yang terlihat seperti kacang. Rambut ikal sebahu mungkin merupakan pilihan gaya rambut terbaik, tetapi rambut yang tebal yang mengkilau merupakan pelengkap yang bagus untuk bahu gemuk yang gempal dan payudara besar.
Belahan dada adalah senjata yang bisa Anda gunakan bila memungkinkan. Dada indah yang bersih dan lembap, bukan menyembul keluar melainkan mengintip sedikit di bawah leher atau di antara kemeja pas badan yang dibuka sedikit kancingnya di bagian atas, akan mendorong sebagian besar orang untuk memaafkan setiap kekurangan di dalam tubuh Anda.
Cobalah mengenakan gaun bergaya balutan (wrap dress). Ini memang tidak banyak membantu - paling tidak untuk yang berpikir begitu, tetapi dibandingkan celana, gaun ini akan cocok untuk Anda.
Belajarlah menjahit! Membuat rok bergaya A-line sepanjang betis untuk tipe bentuk tubuh pir, atau rok ramping selutut untuk tipe bentuk tubuh apel, adalah hal yang termudah di dunia, dan bahkan dilakukan dengan tangan hanya membutuhkan waktu sampai sore. Anda kemudian akan memiliki pakaian yang pas yang tidak dimiliki orang lain.
Hidup ini terlalu singkat untuk menderita. Setiap orang memiliki kelemahan. Penampilan Anda jauh lebih berarti daripada ukuran Anda, oleh karena itu terima diri Anda apa adanya dan selalu tersenyum!
Ingat, bagian dalam diri Anda adalah hal yang paling penting. Belajarlah mencintai diri Anda terlebih dahulu dan umpamakan pakaian sebagai hiasan pada kue.

0 Response to "Cara Berpakaian Menarik Jika Anda Gemuk"