Cara Membuat Masker Wajah

Masker wajah dapat membantu mengubah wajah yang kering dan kusam menjadi lembut dan cerah. Anda dapat membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan dasar rumahan, yang mudah didapat atau sudah tersedia di dapur Anda. Baca artikel ini selengkapnya untuk mempelajari cara membuat empat jenis masker wajah: masker pengecil pori, masker pelembap, masker pereda jerawat, dan masker penyegar.

Metode 1 Membuat Masker Pengecil Pori


1
Kumpulkan bahan. Masker ini berfungsi untuk mengurangi tampilan pori-pori wajah menggunakan tanah liat yang akan menarik sel-sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori lain dari kulit Anda selagi masker mengering. Pergilah ke toko makanan sehat dan persiapkanlah bahan-bahan berikut ini:
Tanah liat bentonit, yang akan menarik keluar kotoran.
Oatmeal, yang membuat kulit Anda terasa lembut bagai kulit bayi.

2
Minyak atsiri pilihan Anda, seperti minyak peppermint atau serai, untuk menambahkan wangi.


to Membuat Masker Wajah
3
Campur masker. Masukkan 1 sendok makan tanah liat bentonit, 1 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan air dalam mangkuk kecil. Gunakan sendok atau pengaduk untuk mencampurnya hingga merata.
Tambahkan beberapa tetes minyak atsiri jika Anda ingin merasakan efek aromaterapi juga selagi masker bekerja.
Gunakan perbandingan yang sama dari setiap bahan, Anda dapat membuat masker dalam jumlah yang lebih besar dan menyimpan sebagian yang belum terpakai ke dalam botol bertutup rapat untuk digunakan selanjutnya.


to Membuat Masker Wajah
4
Oleskan masker. Oleskan masker dengan lembut pada dahi, hidung, pipi dan dagu. Biarkan selama 15-20 menit, sampai benar-benar kering.


to Membuat Masker Wajah
5
Bilas masker. Basuhkan air hangat atau dingin ke wajah Anda untuk membilas masker. Tepuk-tepuk wajah Anda dengan handuk lembut untuk mengeringkannya, dan oleskan pelembap setelahnya.


Metode 2 Membuat Masker Pelembap



1
Kumpulkan bahan. Anda dapat membuat masker pelembap dengan bahan-bahan yang mungkin Anda miliki di dapur Anda. Periksa lemari dapur Anda atau pergilah ke toko untuk menyiapkan bahan-bahan berikut ini:
Madu, yang memiliki sifat antibakteri alami dan melembapkan.
Minyak zaitun atau minyak almond, keduanya membuat kulit Anda halus, lembap, dan kenyal.
Cuka apel, merupakan penyegar alami yang juga dapat digunakan untuk menyegarkan rambut Anda.


2
Campur masker. Masukkan satu sendok makan madu, satu sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan cuka apel dalam mangkuk. Gunakan sendok atau pengaduk untuk mencampurnya hingga merata.
Simpan masker pelembap yang tersisa ke dalam botol bertutup rapat, dan simpan di lemari es sampai waktunya Anda menggunakannya lagi.
Tambahkan satu sendok teh yogurt tawar atau oatmeal untuk wajah yang lebih lembut.


3
Oleskan masker. Pada wajah yang sudah bersih, oleskan masker dengan bebas (banyak-banyak atau tebal) pada kulit wajah Anda. Oleskan lebih banyak pada daerah yang paling kering, seperti dahi dan batang hidung. Biarkan masker mengering selama 15 menit.


4
Bilas masker. Gunakan air dingin untuk menghilangkan masker lalu gunakan penyegar. Tidak perlu memberi pelembap lagi setelahnya. Sekarang kulit Anda akan lembut dan segar.


Metode 3 Membuat Masker Pereda Jerawat



1
Kumpulkan bahan. Jerawat cenderung muncul selama masa-masa paling stres dalam hidup Anda. Masker ini menenangkan kulit yang meradang dan terbuat dari minyak atsiri juga untuk menenangkan pikiran Anda. Pergilah ke toko untuk menyiapkan bahan-bahan berikut ini:
Air perasan lemon, yang memiliki sifat astringent (pengencang pori) alami dan menyegarkan wajah Anda. Beli lemon segar dan peras airnya; air perasan lemon yang sudah dijual mungkin mengandung pengawet yang keras pada kulit wajah sensitif Anda.
Madu, yang melembutkan kulit dan meredakan peradangan.
Putih telur, yang mencerahkan dan mengencangkan kulit.
Minyak atsiri lavender atau rosemary.


2
Campur masker. Masukkan 1 sendok makan jus lemon, 1 sendok makan madu, 1 putih telur, dan beberapa tetes minyak atsiri dalam mangkuk. Gunakan sendok atau sikat kecil untuk mengaduknya sampai bahan benar-benar tercampur.
Masker ini dibuat dari bahan-bahan yang mudah rusak. Oleh karena itu campuran masker yang tersisa harus disimpan dalam lemari es dalam botol tertutup.
Anda hanya perlu beberapa tetes minyak atsiri.


3
Oleskan masker. Oleskan campuran masker banyak-banyak pada wajah Anda. Oleskan dengan lembut ke area yang berjerawat. Jangan menggosokkannya ke wajah Anda, karena Anda berisiko membuat kulit Anda semakin meradang. Diamkan masker pada wajah Anda selama 15 menit.


4
Bilas masker. Gunakan air hangat atau dingin untuk membilas masker, kemudian tepuk kering wajah Anda dengan handuk yang lembut. Lanjutkan dengan mengoleskan pelembap bebas minyak ke wajah Anda.


Metode 4 Membuat Masker Penyegar



1
Segarkan wajah Anda dengan putih telur. Pecahkan telur menjadi dua bagian di atas mangkuk. Pindahkan kuning telur bolak-balik antara dua cangkang sampai putih telur terkumpul semua dalam mangkuk. Atau Anda juga bisa membuat lubang kecil di ujungnya dan keluarkan putih telur dengan pelan sampai yang tertinggal dalam cangkang hanya kuningnya saja. Setelah mendapat putih telur, oleskan putih telur ke wajah Anda dan biarkan selama lima menit sebelum dibilas dengan air hangat.


2
Percikkan cuka apel. Untuk masker penyegar yang sekaligus dapat melembutkan kulit Anda juga, percikkan satu atau dua sendok teh cuka apel ke wajah Anda dan biarkan selama lima menit. Bilas dengan air hangat. Pastikan untuk tidak meninggalkan sisa cuka atau Anda akan berbau cuka sepanjang sisa hari itu.


3
Buat masker oatmeal. Campur satu sendok makan oatmeal dengan satu sendok makan air hangat dan oleskan ke wajah. Biarkan masker kering selama lima menit, kemudian bilas dengan air hangat.


4
Gosok wajah Anda dengan minyak kelapa. Bahan yang memiliki aroma segar ini akan membersihkan dan melembapkan kulit Anda. Gosokkan di wajah Anda dan biarkan selama lima menit sebelum membilas wajah dengan air hangat.

Tips

  • Carilah masker wajah yang ingin Anda coba dan tambahkan semuanya bersama-sama. Empat bahan yang menciptakan masker wajah ala spa yang sempurna adalah buah, minyak, oatmeal, dan telur.
  • Jika Anda akan menghabiskan waktu untuk membiarkan masker ini kering dan sebagainya, luangkan waktu untuk mandi air hangat, mendengarkan musik yang santai, mengenakan jubah mandi yang berbulu halus, menonton film tentang wanita, atau apa pun yang membuat pengalaman spa wajah Anda semakin menyenangkan.
  • Tambahkan setetes madu atau sejumput gula palem untuk menciptakan aroma manis setelahnya (hati-hati, atau Anda akan menarik lalat! Serius).
  • Kombinasi lainnya adalah dengan mengganti buah (stroberi atau pisang) dengan alpukat dan tambahkan telur dan oatmeal. Alpukat adalah pelembap alami yang akan memberikan banyak manfaat pada kulit Anda.
  • Setelah mencuci wajah, beberapa orang cenderung menggosok wajah mereka dengan handuk. Jangan lakukan hal ini. Cukup tepuk kering wajah Anda dengan handuk untuk mencegah kemerahan pada kulit.
  • Jika Anda memiliki rambut panjang, Anda mungkin perlu mengikatnya ke belakang sebelum mengoleskan masker.

Peringatan

  • Bilas segera jika masker kontak dengan mata.
  • Jangan makan masker Anda. Peringatan ini mungkin terdengar konyol, namun karena masker-masker ini terbuat dari bahan makanan, Anda mungkin tergoda untuk mencobanya.
  • Jangan gunakan oatmel dari merk Quaker, jenis yang umumnya digunakan! Oatmeal dari merk ini memiliki banyak sekali mengandung bahan tambahan. Terlalu banyak.

Hal yang Anda Butuhkan

Masker Pengecil Pori

  • Bubuk lumpur bentonit
  • Oatmeal
  • Minyak atsiri peppermint atau serai

Masker Pelembap

  • Madu
  • Minyak zaitun
  • Cuka sari apel
  • Yogurt atau oatmeal (pilihan)

Masker Pereda Jerawat

  • Air perasan lemon (buat dari buah segar)
  • Putih telur
  • Madu

Masker Penyegar Kulit

  • Putih telur
  • Oatmeal
  • Minyak kelapa

Sumber


0 Response to "Cara Membuat Masker Wajah"