Cara Mengubah Gaya Berbusana

Jika gaya Anda begitu saja selama lebih dari empat atau lima tahun, sudah saatnya untuk mengubahnya. Mengubah gaya itu penting supaya sesuai dengan diri Anda saat ini dan Anda tidak kelihatan lebih tua atau kekanak-kanakan dari usia Anda sebenarnya. Untungnya, mengubah gaya tidaklah sesulit yang Anda kira. Bahkan, jika dilakukan tanpa terburu-buru, mencari gaya baru untuk diri sendiri bisa memberikan kepuasan sendiri dan terasa menyenangkan.

Bagian 1 Memilih Gaya Baru




1
Buat catatan tentang gaya Anda saat ini. Sebelum mengubah gaya Anda, Anda harus mencari tahu gaya apa yang cocok dan apa yang tidak cocok dari gaya Anda saat ini.
Coba pikirkan kenapa Anda memiliki gaya berbusana Anda saat ini. Misalnya, apakah Anda sering mengenakan jin dan kaus karena tidak suka berlama-lama dalam memilih baju yang akan dikenakan? Jika ya, gaya baru yang Anda cari harus simpel dan tidak merepotkan diri Anda.
Memaksakan diri untuk mencoba gaya baru yang tidak cocok dengan diri Anda, kebiasaan Anda, dan sikap Anda sering kali tidak akan membuahkan hasil yang baik. Oleh karena itu, coba pikirkan dengan saksama apa yang Anda butuhkan dan inginkan dari sebuah gaya sebelum memilih gaya tersebut.


2
Tentukan gaya yang ingin Anda capai. Saat Anda sudah mengetahui kebutuhan gaya Anda, coba pikirkan gaya seperti apa yang akan memenuhi kebutuhan Anda tersebut dan mewakili penampilan baru yang ingin Anda miliki.
Untuk mempermudah dalam mencari gaya baru, coba untuk spesifik dan deskriptif saat Anda membayangkan penampilan yang diinginkan. Beberapa contoh kata kunci adalah "hipster santai," "retro dengan warna mencolok," "punk modern," dan sebagainya.
Memilih panutan mode bisa berguna dalam membentuk gaya baru Anda, jadi carilah orang (yang terkenal atau tidak) yang memiliki gaya yang menginspirasi Anda dan sejalan dengan penampilan baru yang Anda inginkan.


3
Pikirkan beberapa faktor lainnya. Selain memikirkan seperti apa penampilan idaman Anda, coba pikirkan apa penampilan yang tepat untuk Anda. Beberapa pertanyaan yang bisa dilontarkan kepada diri sendiri:
Seperti apa lingkungan kerja atau sekolah Anda? Apakah ada larangan untuk penampilan tertentu?
Seperti apa lingkungan sekitar Anda? Bagaimana gaya Anda bisa memberi keuntungan kepada gaya hidup Anda?
Di mana Anda tinggal? Apakah Anda ingin melebur atau tampil beda dari yang lainnya dan jika ingin tampil beda, seberapa mencoloknya Anda ingin tampil? Apakah ada musim tertentu yang mendominasi cuaca di tempat tinggal Anda dan apakah gaya yang Anda idamkan cocok dengan musim tersebut?
Berapa anggaran biaya Anda? Pastikan gaya baru yang Anda idamkan tersebut realistis, kalau tidak Anda malah jadi frustrasi karena tidak mampu mendapatkan apa yang Anda bayangkan.
Berapa lama waktu yang Anda sediakan untuk bersiap-siap? Jika pada dasarnya Anda tipe orang yang tidak suka terlalu repot saat bersiap-siap, gaya yang heboh akan membuat Anda tidak nyaman karena Anda tidak terbiasa meluangkan banyak waktu untuk berdandan.
Jangan takut untuk mulai berdandan seperti orang yang gayanya Anda kagumi--tetapi cobalah untuk bersikap realistis dan pilihlah gaya yang sesuai dengan kepribadian Anda.


4
Bersihkan lemari pakaian dan alat-alat rias Anda (jika Anda memang memilikinya). Saat Anda sudah mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan penampilan baru, Anda harus membersihkan gaya yang lama.[1]
Periksa isi lemari pakaian dan sumbangkan pakaian yang tidak cocok dengan gaya baru yang sudah Anda pilih, pakaian yang tidak lagi muat, atau pakaian yang tidak bagus di tubuh Anda. Mungkin Anda bisa minta bantuan teman yang bisa dipercaya untuk membantu Anda menyortir pakaian Anda ini.
Jika Anda suka merias wajah, periksa juga alat-alat rias Anda dan singkirkan semuanya alat yang sudah kedaluwarsa atau tidak sesuai dengan gaya baru Anda.


Bagian 2 Membuat Koleksi Pakaian Baru Anda



1
Mulailah dengan pakaian basic saat Anda mulai membuat koleksi pakaian yang baru. Pondasi untuk semua gaya adalah pakaian basic yang fleksibel. Walaupun pakaian basic yang sesuai dengan gaya Anda akan berbeda sesuai dengan penampilan yang Anda inginkan, biasanya pakaian basic ini termasuk:
Kemeja atau kaus dengan warna yang terang. Tergantung dari gaya Anda, pakaian ini termasuk kaus, kemeja berkancing, kaus polo, kamisol, dan sebagainya, yang akan menjadi elemen pelapis yang penting untuk gaya Anda.
Celana hitam. Celana model ini penting untuk koleksi pakaian siapa pun dan cukup fleksibel sehingga Anda bisa mengenakannya untuk acara rapi atau acara yang lebih santai. Cari potongan celana yang modern dan sesuai dengan bentuk tubuh Anda.
Celana jin yang terlihat bagus di tubuh Anda. Celana jin dengan warna lebih gelap sering kali terlihat bagus di tubuh dan fleksibel, tetapi sekali lagi tergantung dari gaya Anda. Pastikan celana jin yang Anda pilih pas di tubuh Anda dan membuat Anda terlihat menarik. Jangan takut untuk menghabiskan waktu banyak demi mendapatkan celana jin yang sempurna.
Baju hangat atau kardigan dalam warna yang terang. Seperti kemeja, baju hangat merupakan komponen pelapis yang penting. Anda boleh menyukai baju hangat yang mewah atau bergaya retro, yang jelas setidaknya Anda harus memiliki beberapa kardigan dengan model berbeda.
Rok dan gaun yang fleksibel. Jika Anda suka mengenakan rok dan gaun, pastikan Anda memiliki setidaknya satu rok dan satu gaun dalam warna dan bentuk yang fleksibel, seperti rok berpotongan pensil berwarna hitam atau gaun model wrap yang berwarna netral.


2
Beli pakaian karena gayanya dan bagaimana jatuhnya pakaian tersebut di tubuh Anda. Pakaian yang jatuhnya bagus di tubuh Anda sangatlah penting untuk gaya yang tegas.
Untuk pakaian perempuan, pastikan celana yang dibeli tidak kesempitan di bagian pinggang atau terlalu pendek jika dibandingkan tinggi tubuh Anda. Selain itu pastikan dia tidak kelonggaran atau menggembung di bagian mana pun. Pastikan atasan yang dibeli pas di tubuh sehingga bagian bahu pakaian pas dengan bahu Anda, tidak ada celah di antara kancing, ujung lengan pas di pergelangan tangan, dan kain atasan tidak menggembung di sekitar pinggul Anda.[2]
Untuk pakaian laki-laki, pastikan bahu kemeja pas di bahu Anda, bagian lengan tepat di pergelangan tangan tanpa ada yang menggembung, dan bagian dada kemeja (terlebih untuk kemeja dengan kancing) pas dengan pinggang dan tidak menggembung di bagian sisinya. Celana sebaiknya tidak terlalu longgar sehingga kedodoran di bagian kaki, tetapi juga jangan terlalu ketat sehingga kesempitan di kaki--sebaiknya celana cukup longgar dan terlihat bagus di kaki saat dikenakan tanpa ada bagian yang terlalu ketat atau longgar. Jaket model setelan harus bisa dikancingkan tanpa terasa ketat dan jatuhnya bagus di bagian bahu sehingga tidak ada bagian yang terlihat ketat atau kelonggaran.[3]
Saat berbelanja secara daring, pastikan Anda sudah memiliki ukuran tubuh Anda yang terbaru. Untuk laki-laki, Anda membutuhkan ukuran tinggi, pinggang, dan panjang dari selangkangan sampai dengan telapak kaki. Tidak ada salahnya Anda mengukur bagian pinggul juga, untuk mendapatkan ukuran yang lebih tepat. Untuk perempuan, Anda membutuhkan ukuran tinggi, dada, pinggang alami (bagian paling kecil dari torso Anda), pinggang sebenarnya (di mana bagian pinggang celana Anda berada), pinggul, dan panjang jahitan dalam celana. Selalu periksa ukuran tubuh Anda dengan tabel ukuran yang disediakan oleh toko daring, jangan mengandalkan ukuran yang umum saja karena biasanya beda merek beda ukuran.[4]


3
Fokus pada warna terbaik Anda. Cari tahu warna apa yang serasi dengan warna kulit dan mata Anda, kemudian beli pakaian dalam palet warna tersebut.
Gaya baru yang tidak membuat Anda terlihat menarik tidak lebih baik daripada gaya lama Anda.
Untuk membantu Anda dalam mencari warna yang paling pas untuk Anda, bawa seorang teman yang bisa dipercaya saat berbelanja dan kemudian cobalah baju dalam berbagai macam warna. Kemudian minta teman Anda tersebut untuk membantu Anda menemukan warna yang paling bagus untuk Anda.


4
Cari aksesori yang benar-benar sesuai untuk Anda. Aksesori membuat sebuah penampilan mencerminkan kepribadian Anda, jadi menemukan aksesori yang tepat untuk gaya Anda akan bisa membantu membentuk gaya Anda menjadi lebih bagus lagi.
Aksesori menambah nuansa tersendiri kepada penampilan Anda, jadi pikirkan aspek-aspek yang ingin Anda komunikasikan melalui gaya Anda saat memilih aksesori untuk dibeli. Contohnya, aksesori bisa menambahkan keanggunan, kepercayaan diri, atau selera humor kepada gaya keseluruhan Anda.
Aksesori basic termasuk ikat pinggang, perhiasan, topi, syal, dan kacamata. Masing-masing aksesori ini, baik dipakai sendirian atau bersama yang lain, dapat mengubah pusat perhatian penampilan Anda, menambah kesemarakan, atau mengubah sebuah penampilan dari kasual menjadi penampilan yang sesuai dengan kantor menjadi penampilan pesta. Jadi, sebaiknya Anda berbelanja dengan cerdas.[5].


5
Keanekaragaman. Saat Anda sudah mengumpulkan benda-benda basic untuk penampilan baru Anda, coba buat berbagai penampilan yang sesuai dengan kebutuhan Anda seperti penampilan kantor, penampilan kasual, penampilan untuk berkencan, penampilan untuk pergi berdansa, dan sebagainya.[6]
Jangan membeli barang yang mirip. Jangan membeli tiga baju hangat hitam atau empat kaus putih, misalnya. Walaupun barang-barang tersebut tidak identik, sebaiknya Anda jangan memiliki satu tipe barang yang sama dalam jumlah yang banyak karena akan membuat gaya Anda membosankan dan memenuhi lemari pakaian Anda.
Jangan terpaku pada warna yang sama. Jangan beli seluruh pakaian dalam warna yang sama karena gaya Anda akan menjadi membosankan. Anda boleh mengacu kepada palet warna yang cocok dengan diri Anda, tetapi jangan terpaku pada satu warna saja.[7]


Bagian 3 Menjaga Gaya Baru Anda



1
Coba untuk fokus kepada acuan gaya Anda. Saat Anda berbelanja untuk menambah barang-barang baru ke koleksi pakaian Anda, terus ingat acuan gaya Anda yang baru.
Jika Anda membutuhkan bantuan visual, buat lookbook atau buku penampilan personal yang berisi gambar-gambar yang sesuai dengan gaya berbusana baru Anda sehingga Anda pun memiliki panduan saat memilih barang baru.
Buat daftar barang yang ingin Anda cari. Masuk ke toko tanpa tahu pasti barang apa yang Anda cari bisa membuat Anda bingung dan pada akhirnya Anda malah membeli sesuatu yang akan Anda sesali atau Anda malah menyerah dan meninggalkan toko tanpa membeli apa-apa karena frustrasi. Dengan panduan yang jelas untuk barang yang harus dibeli, Anda pun bisa menambahkan barang-barang baru ke koleksi pakaian Anda dengan konsisten, pasti, dan efisien.


2
Periksa setiap barang sebelum membelinya dengan teliti. Sebelum membeli sebuah barang, pastikan barang tersebut cocok dengan gaya berbusana baru Anda dan berguna serta fleksibel untuk penampilan sehari-hari Anda.
Hindari barang-barang yang sangat mengikuti tren, yang kemungkinan tidak akan berguna untuk penampilan sehari-hari Anda saat barang tersebut sudah ketinggalan zaman.[8].
Beli barang-barang dalam warna netral dan mencolok yang bisa dipadupadankan. Memadupadankan barang berwarna netral dengan warna mencolok merupakan cara yang jitu untuk tampil gaya dan keren.
Pastikan setiap barang baru yang Anda beli bisa dimasukkan ke beberapa penampilan berbeda.


3
Pertahankan keanekaragaman koleksi pakaian Anda. Agar Anda bisa memanfaatkan koleksi pakaian dengan sebaik mungkin, jangan kaku saat berbelanja. Coba Anda belanja tidak hanya mengacu pada warna atau gaya saja, tetapi apakah pakaian tersebut fleksibel dan bisa dikenakan untuk menciptakan berbagai penampilan atau tidak.
Barang-barang yang baru Anda beli harus cocok dengan gaya Anda, terlihat bagus di tubuh Anda, dan menambah keragaman pada koleksi pakaian Anda.
Jika Anda mengincar pakaian yang mirip dengan yang sudah Anda miliki, jangan beli pakaian tersebut. Carilah sesuatu yang sesuai dengan tubuh Anda tetapi juga berbeda dari barang-barang yang sudah Anda miliki untuk memastikan koleksi pakaian Anda tidak monoton.
Saat membeli atasan, tanyakan pada diri sendiri apakah atasan tersebut bisa dikenakan dalam berbagai cara berbeda sebagai bagian dari beberapa penampilan berbeda. Contohnya, saat memilih atasan, tanyakan diri Anda pertanyaan seperti, bisakah saya mengenakannya dengan cara dimasukkan atau dikeluarkan? Bisakah saya mengenakannya sebagai lapisan dari atasan lain? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Saat memilih rok, lontarkan pertanyaan seperti, bisakah saya mengenakannya dengan berbagai sepatu berbeda (sepatu hak, sepatu bot, sepatu datar)? Bisakah saya mengenakannya dengan atasan yang kasual atau rapi? Bisakah saya mengenakannya dengan jaket? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. [9]

Tips
  • Sebaiknya Anda mengevaluasi ulang gaya pribadi setidaknya lima tahun sekali untuk merefleksikan siapa diri Anda dan posisi Anda di dalam kehidupan.[10]
  • Jika Anda ingin mencoba beberapa gaya berbeda sebelum berkomitmen pada sebuah gaya, coba pinjam baju atau aksesori dari seorang teman yang keren untuk mengetahui apakah Anda nyaman dengan gaya tersebut atau tidak.
  • Ingatlah bahwa gaya itu bukan masalah kuantitas, tetapi keanekaragaman. Jangan pergi dan membeli baju baru dalam jumlah yang banyak, tetapi belilah beberapa barang yang fleksibel dan bisa dipadupadankan dalam banyak cara sehingga Anda terkesan memiliki banyak baju.

0 Response to "Cara Mengubah Gaya Berbusana"