Cara Mudah Meluruskan Rambut

Rambut keriting dan gelombang mungkin terlihat menarik dan menyenangkan, tetapi sulit untuk tetap rapi. jadi, jika Anda ingin mengubah penampilan, cobalah meluruskan rambut. Banyak orang enggan untuk meluruskan rambut karena takut rambut menjadi rusak. Namun dengan peralatan, produk dan teknik yang memadai, Anda dapat memiliki rambut lurus yang menakjubkan, tanpa harus merusak rambut. Untuk meluruskan rambut dengan benar, baik menggunakan catok atau pengering rambut, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini!

Metode 1 Menggunakan Catok



1
Cuci dan keringkan rambut. Catok rambut bekerja terbaik untuk rambut yang baru dicuci atau tumbuh. Saat mencuci rambut, sesuaikan produk sampo dan kondisioner untuk jenis rambut. Untuk rambut tebal dan keriting, gunakan sampo dan kondisioner halus. Untuk rambut tipis dan datar, gunakan produk penambah volume. Setelah rambut dicuci, cepat keringkan dengan handuk, lalu tiup kering dengan pengering rambut. Ini akan membantu sebelum meluruskan rambut, sehingga usaha meluruskan rambut akan menjadi lebih mudah.
Keringkan akar rambut terlebih dahulu dengan pengering rambut, lalu kerjakan di bagian helai rambut Anda.
Tundukkan kepala Anda saat pengeringan untuk menambah volume.
Gunakan sikat dayung untuk rambut kusut dan menahan kencang rambut saat mengeringkan.


2
Gunakan semprotan proteksi panas. Anda disarankan untuk membeli semprotan proteksi panas untuk digunakan pada pelurusan rambut. Semprotan proteksi panas mengurung kelembapan dan mencegah rambut menjadi kering dan robek. Gunakan semprotan proteksi panas secara merata di atas rambut kering, pegang kaleng sekitar enam inci dari kepala Anda.[1]
Jangan gunakan semprotan proteksi panas ke akar rambut, karena dapat menyebabkan rambut terlihat berminyak.
Semprotan proteksi panas dapat ditemukan di sebagian besar toko obat dan salon rambut. Membeli merek produk yang terkenal dapat melindungi rambut dengan lebih baik. Mintalah rekomendasi dari penata rambut Anda.


to Meluruskan Rambut
3
Bagi rambut menjadi beberapa bagian. Membagi rambut menjadi beberapa bagian akan memastikan bahwa Anda meluruskan rambut dengan benar, tanpa luput sehelai pun. Cara termudah untuk membagi rambut adalah dengan membaginya menjadi tiga lapisan.
Buatlah lapisan pertama dengan mengambil bagian depan rambut dan menyapunya kembali dengan ibu jari untuk meraih semua rambut di puncak kepala. Pisahkan lapisan ini dengan memutarnya dan mengamankannya dengan ikat rambut atau klip kupu-kupu.[2]
Buatlah lapisan kedua dengan menyapu rambut yang ada di atas telinga dan amankan dengan ikat rambut atau klip.
Lapisan ketiga terdiri dari rambut yang tetap tidak diklip, yaitu rambut di belakang kepala, yang tumbuh di sekitar pangkal leher.
Jika rambut Anda sangat tebal, Anda dapat membaginya menjadi lapisan tambahan. Jika rambut Anda sangat tipis atau halus, Anda bisa membaginya menjadi dua bagian, atau mungkin tidak perlu membaginya.


4
Atur catok ke suhu yang sesuai untuk jenis rambut. Kebanyakan catok berkualitas tinggi memiliki pilihan suhu. Menggunakan suhu yang tepat untuk rambut akan memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik dan mencegah kerusakan yang tidak perlu pada rambut. Suhu catok yang ditetapkan tergantung pada jenis rambut:[3]
Rambut halus atau rusak harus menggunakan suhu antara 200 hingga 300 °F (93-149 °C).[3]
Rambut dengan tebal rata-rata yang dalam kondisi bagus harus menggunakan suhu antara 300 dan 350 °F (149-177 °C).[3]
Rambut sangat tebal atau kasar, rambut keriting harus menggunakan suhu 350-400 °F (177-205 °C).[3]


to Meluruskan Rambut
5
Gunakan teknik yang benar. Meluruskan rambut dengan catok bukanlah sesuatu yang sangat rumit untuk dilakukan, namun ada beberapa kiat untuk mencapai hasil terbaik:
Gunakan ukuran helai yang tepat. Untuk hasil terbaik, jadikan rambut Anda untaian yang memiliki lebar 1 hingga 2 inci dan tebal tidak lebih dari setengah inci. JIKA untaian lebih lebar dari itu, rambut tidak akan lurus dengan benar, dan jika untaian lebih kecil, waktu untuk meluruskan akan terlalu lama.
Peganglah rambut dengan kencang. Gunakan satu tangan untuk memegang kencang bagian rambut saat Anda menjepitkan catok di sekitar dan ratakan ke seluruh rambut. Jika awalnya tidak benar-benar lurus, jangan khawatir, cukup tarik kembali catok dengan rata ke rambut.
Mulailah meluruskan sekitar satu inci dari akar. Hal ini akan memberikan sedikit volume pada rambut dan memastikan tidak terlihat terlalu datar.
Gunakan gerakan mulus daripada tersentak-sentak. Gerakkan catok dalam satu gerakan halus dan fleksibel. Jika Anda menggerakkan dengan tersentak-sentak, hasilnya akan terdapat garis-garis horizontal pada rambut.


to Meluruskan Rambut
6
BERHENTILAH jika Anda melihat ada uap atau rambut mulai mendesis. Jika ini terjadi, berarti rambut tidak benar-benar kering. Berhentilah, matikan catok dan gunakan pengering rambut agar rambut benar-benar kering sebelum melanjutkan meluruskan. Menggunakan catok pada rambut basah sangat merusak dan akan meninggalkan rambut dalam kondisi buruk, jadi hindari sebisa mungkin.


to Meluruskan Rambut
7
Luruskan lapisan rambut berikutnya. Setelah meluruskan lapisan bawah rambut, buka ikatan bagian berikutnya dan mulailah meluruskan menggunakan teknik yang sama seperti sebelumnya. Lapisan atas rambut harus menjadi bagian terakhir yang diluruskan.


8
Perhatikan pekerjaan Anda di cermin untuk memastikan Anda tidak melewatkan bagian apa pun. Satu atau dua untai dapat diabaikan dengan mudah selama proses pelurusan. Jangan lupa untuk mengecek ulang rambut. Jika Anda melihat gelombang atau belitan, luruskan bagian tersebut sekali lagi.
Anda dapat memeriksa bagian belakang rambut dengan posisi berdiri, punggung menghadap cermin sambil memegang cermin genggam di tangan. Anda akan melihat pantulan dari belakang kepala di cermin genggam.


to Meluruskan Rambut
9
Beri gaya pada rambut Anda. Anda dapat memosisikan catok dengan cara tertentu agar tidak menutupi wajah atau mendapatkan gaya rambut khusus. Putar catok sedikit pada saat sampai ke ujung setiap helai untuk membuat sedikit gelombang di bagian bawah.
Sangat penting untuk melakukan sentuhan sebelum menggunakan produk akhir, karena beberapa produk gaya (seperti semprotan rambut) mudah terbakar dan dapat terbakar di bawah panas catok.


to Meluruskan Rambut
10
Gunakan produk akhir. Anda dapat menggunakan serum berbasis silikon untuk menambah kemilau rambut, atau menyemprot rambut agar rambut tertahan. Namun jangan menambahkan produk mousse atau berbasis air, karena akan melembapkan dan menyebabkan rambut bergelombang.



Metode 2 Menggunakan Pengering Rambut



1
Cucilah rambut Anda. Ini terlihat sepele, namun Anda harus mencuci rambut sebelum meniupnya kering. Gunakan sampo dan kondisioner halus jika rambut tebal atau rentan terhadap keriting, atau gunakan jenis penambah volume jika rambut tipis atau rata.
Oleskan kondisioner ke ujung dan pertengahan rambut. Mengolesnya pada akar akan membuat rambut akan terlihat datar dan berminyak.
Gunakan sisir bergigi jarang untuk meluruskan rambut kusut saat kondisioner ada di rambut. Kondisioner akan membuatnya lebih mudah dan meminimalkan kerusakan rambut.


2
Bungkus rambut dengan handuk kering. Setelah keluar dari kamar mandi, bungkus rambut Anda dalam handuk penyerap mikrofiber dan biarkan selama satu hingga dua menit. Lalu buka handuk dan gunakan handuk untuk mengeringkan kelembapan berlebih dengan lembut.
Jangan menggosok rambut dengan handuk, karena rambut bisa patah.
Ingat bahwa Anda bukan mengeringkan rambut dengan handuk, rambut harus cukup basah ketika Anda selesai dengan handuk.


to Meluruskan Rambut
3
Sisirlah rambut yang kusut. Gunakan sisir bergigi lebar atau sikat dayung untuk memisahkan dan menyisir rambut. Pastikan untuk lembut karena rambut basah sangat rapuh. Ingatlah untuk bekerja dari ujung ke atas, bukan dari akar ke bawah, agar risiko kerusakan lebih sedikit.
Menyisir saat rambut masih basah akan membantu rambut tetap lebih alami setelah kering dan lurus.
Jika rambut sangat terikat, gunakan semprotan dengan antikusut atau kondisioner urai.


to Meluruskan Rambut
4
Oleskan beberapa produk. Oleskan sedikit serum pelurus atau krim ke ujung dan pertengahan rambut, lalu pijat ke bagian dalam. Ini akan membantu untuk membuat rambut ekstra halus dan ramping setelah pengeringan.
Produk pelurusan rambut yang berisi elemen proteksi panas adalah lebih baik.
Sekali lagi, hindari menggunakan produk ini ke akar, karena rambut dapat menjadi rontok.


5
Gunakan pengering rambut yang baik. Pengering rambut yang baik penting saat meniup kering rambut lurus. Semakin banyak daya dan panas yang pengering berikan, lebih mudah dan lebih cepat Anda dapat meluruskan rambut. Jika Anda harus membeli pengering rambut baru, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan:
Watt. Watt pengering rambut merupakan indikasi betapa kuat udara yang mengalir. Semakin tinggi daya (watt) alat, hasilnya akan semakin baik. Kebanyakan pengering salon rambut memiliki watt sekitar 1800, meskipun watt 2000 mungkin diperlukan untuk rambut yang sangat tebal atau keriting.[4]
Kecepatan dan Suhu Kontrol. Pengering dengan kecepatan dan suhu rambut yang dapat disesuaikan sangat berguna, karena Anda dapat menggunakan pengaturan yang berbeda untuk gaya yang berbeda. Misalnya, pengaturan dingin untuk menyelesaikan rambut dengan semburan udara dingin, yang membantu untuk mengatur gaya sambil menambahkan kemilau.[4]
Berat. Hal terakhir untuk diperhatikan adalah pengering rambut yang berat akan melelahkan lengan ketika Anda baru setengah jalan mengeringkan rambut. Carilah pengering rambut yang beratnya kurang dari dua kilogram. Berat pengering biasanya ditampilkan pada kotak.[4]
Tambahan. Jika Anda menggunakan pengering rambut untuk meniup kering rambut lurus, Anda pasti perlu nosel tambahan yang memfokuskan aliran udara dan mencegah rambut menjadi keriting. Perhatikan apakah ada nosel tambahan yang disertakan dengan pengering rambut atau jika perlu belilah secara terpisah.[4]


to Meluruskan Rambut
6
Keringkan rambut secara kasar. Hidupkan pengering rambut (pada kecepatan tinggi dan panas, jika ada) dan mulailah mengeringkan kasar. Berkonsentrasilah mengeringkan akar rambut, gunakan jari-jari untuk mengangkat dan memisahkan rambut. Anda tidak harus menggunakan sikat dahulu.[5]
Pastikan bahwa pengering rambut mengarah ke bawah. Pengering harus meniup rambut dari puncak kepala ke bawah, bukan ke arah sebaliknya.[5]
Anda harus terus mengeringkan kasar rambut sampai sekitar 60% sampai 80% kering.[5]


to Meluruskan Rambut
7
Bagilah rambut menjadi beberapa bagian. Membagi rambut Anda menjadi beberapa bagian selesai ditiup kering adalah ide yang baik, karena akan membantu Anda untuk berfokus pada satu lapisan rambut. Pisahkan rambut menjadi tiga lapisan - satu di puncak kepala, satu di bagian tengah dan satu di bagian belakang leher. Gunakan klip kupu-kupu atau ikatan rambut untuk mengikat bagian atas dua lapisan tersebut.
Jika Anda memiliki poni, biarkan turun dan keringkan terlebih dahulu sebelum Anda mengeringkan lapisan bawah. Ini karena poni akan cepat kering dan setelah kering akan lebih sulit untuk diluruskan.


8
Gunakan jenis sikat rambut yang tepat. Jenis sikat rambut yang Anda gunakan saat meniup kering rambut akan berdampak pada rambut. Jika Anda ingin menambah volume saat meluruskan, atau menambahkan sedikit ikal atau gelombang sampai ke ujung, gunakan sikat bulat tebal. Tetapi jika Anda ingin rambut yang benar-benar lurus, sikat dayung adalah pilihan terbaik.[6]


to Meluruskan Rambut
9
Gunakan teknik yang tepat untuk meniup kering rambut lurus. Ambil bagian rambut dengan lebar antara dua hingga empat inci dan tahan kencang dengan sikat rambut. Menjaga rambut tetap kencang saat pengeringan adalah teknik yang paling penting untuk mencapai rambut lurus.[7]
Anda juga perlu memastikan bahwa Anda mengarahkan aliran udara ke bawah - nosel pengering rambut harus menunjuk ke arah ujung rambut kering. Ini untuk membuat kutikula rambut ke bawah, memberikan rambut yang halus dan lebih ramping.[7]
Setelah rambut benar-benar kering di setiap bagian, selesaikan dengan semburan udara dingin untuk membantu mengatur gaya dan menambahkan kemilau.[7]


to Meluruskan Rambut
10
Biarkan bagian bawah rambut berikutnya. Setelah lapisan bawah rambut benar-benar kering, buka klip kupu-kupu yang menahan lapisan tengah. Keringkan lapisan ini menggunakan teknik yang sama seperti sebelumnya. Setelah lapisan kedua benar-benar kering, biarkan lapisan ketiga terurai dan selesaikan pengeringan.
Rambut yang benar-benar kering akan terlihat lurus dan ramping. Jika masih sedikit bergelombang, Anda mungkin perlu untuk mengeringkannya lebih lama, gunakan sikat untuk menarik lurus rambut.
Dan jika masih juga gagal, gunakan catok untuk meluruskan bagian yang sulit lurus tadi.


to Meluruskan Rambut
11
Terapkan beberapa produk akhir. Untuk mengatur gaya dan memberikan rambut kemilau ekstra dan kontrol, gunakan sedikit produk akhir hingga ke ujung dan pertengahan rambut. Gunakan serum atau semprotan kemilau untuk ini. Jika Anda khawatir rambut Anda akan jatuh atau kehilangan bentuk, semprotlah sedikit dengan semprotan rambut, pegang kaleng sekitar enam inci dari kepala. Ini akan memastikan rambut Anda tetap lurus sepanjang hari (atau malam!).



Metode 3 Menjaga Rambut Tetap Lurus



1
Jangan menyemprotkan air atau menambahkan mousse. Kadar air akan menyebabkan rambut untuk cepat kembali ke keriting. Namun jangan gunakan semprotan rambut jika Anda tinggal di daerah yang lembap. Rambut rentan terhadap keriting karena kelembapan pada udara.


2
Selalu bawa payung. Hujan dapat merusak semua kerja keras Anda dengan membuat rambut menjadi keriting. Bawa juga ikat kepala saat musim panas untuk menjaga poni dari keringat. Jika Anda joging atau berjalan, ikatlah rambut dengan gaya ekor kuda.


3
Gunakan pengeriting untuk menambahkan ikal halus atau sedikit keriting. Bahkan jika Anda menyukai tampilan lurus, pengeriting dapat digunakan untuk mengibaskan ujung rambut atau mengibaskan bagian depan wajah Anda.


4
Mengertilah bahwa rambut yang dicuci akan kembali normal. Namun jangan khawatir, Anda hanya perlu untuk mengulang proses pelurusan! Namun jangan terlalu sering meluruskan rambut, karena rambut akan menjadi kering dan rusak. Cukup lakukan untuk acara-acara khusus!

Tips
  • Gunakan sisir bergigi lebar dan ketika Anda menyisir, ikuti dengan catok di belakang. Ini bekerja sangat baik, karena catok akan meluruskan setiap helai jauh lebih baik.
  • Pastikan Anda tidak menambahkan minyak apa pun pada rambut sebelum meluruskan, karena hal ini akan "menggoreng" rambut Anda. Bayangkan hal yang sama terjadi pada kentang goreng di dalam minyak.
  • Ketika mengeringkan rambut, pastikan pengering rambut menunjuk ke bawah (ke arah rambut tumbuh), yang akan membuat kemilau rambut. Anda juga mungkin ingin menggunakan semprotan proteksi panas sebelum meniup kering.
  • Bagi rambut menjadi beberapa bagian. Jika rambut Anda tebal, bagi menjadi bagian yang kecil, tetapi jika rambut Anda tipis, Anda dapat membuat bagian yang lebih besar.
  • Selalu pegang ikatan rambut di tangan untuk menahan rambut ketika berpindah dari satu bagian ke bagian lain.
  • Jika pengering rambut memiliki pengaturan, ubahlah pengaturan setelah sepenuhnya kering. Rambut akan terlihat lebih kemilau, sama seperti membilas rambut dengan air dingin.
  • Jika sedang hujan atau sangat lembap di luar, jangan berjalan atau berada di luar terlalu lama. Kelembapan akan menyebabkan rambut menjadi keriting.
  • Tipe catok yang dapat membantu meluruskan tanpa merusak adalah catok ionik atau basah-ke-kering. Alih-alih menggunakan dua pelat panas, alat ini bertindak sebagai peniup kering, sehingga kerusakan dan keriting akan lebih sedikit.
  • Tarik catok ke atas (berlawanan arah) untuk mendapatkan rambut lurus tapi dengan volume pada akar.
Peringatan
  • Selalu matikan dan cabut catok setiap selesai digunakan.
  • Jangan menggunakan semprotan rambut kecuali Anda berencana untuk mandi malam, karena tidak baik untuk rambut jika dipakai sepanjang malam.
  • Jangan terlalu fokus ke satu bagian rambut; hal ini dapat merusak rambut.
  • Jangan gunakan terlalu banyak serum atau produk rambut; Anda tidak ingin rambut terlihat kurus dan berminyak.
  • Jangan menggunakan catok lebih dari dua atau empat kali seminggu. Sering meluruskan akan menyebabkan rambut rusak, tidak peduli berapa banyak semprotan pelindung yang Anda gunakan. Pertimbangkan rambut alami Anda, atau ubah ke gaya rambut yang lucu.
  • Jangan meluruskan rambut saat rambut basah atau lembap, karena akan menyebabkan terlalu banyak kerusakan.
  • Jangan menyikat rambut saat basah karena dapat membuat rambut patah. Sebaliknya, selalu gunakan sisir bergigi jarang.
  • Jangan membakar rambut Anda!

Hal yang Anda Butuhkan
  • Sisir bergigi lebar
  • Pengering rambut (sebaiknya dengan nosel)
  • Semprotan rambut
  • Catok rambut
  • Semprotan proteksi panas
  • Sampo dan kondisioner
  • Sikat rambut
  • Semprotan rambut (opsional)

0 Response to "Cara Mudah Meluruskan Rambut"