Cara Mudah Membuat Mata Tampak Lebih Cerah

Mata yang cerah akan terlihat lebih besar dan lebih indah daripada mata yang suram. Menggunakan pensil mata berwarna putih dan berbagai alat rias yang tepat lainnya adalah cara yang sangat baik untuk membuat mata Anda tampak lebih cerah dengan seketika. Anda juga dapat mengurangi bengkak pada mata, lalu membuat mata tampak lebih besar dan lebih cerah dengan benda-benda alami seperti mentimun dan kantong teh. Namun pada akhirnya, memiliki mata yang indah dan cerah jauh lebih mudah dilakukan jika Anda menjalankan pola makan yang sehat, pola tidur yang baik dan menjaga kesehatan.


Metode 1 Menggunakan Riasan




to Membuat Mata Tampak Lebih Cerah
1
Ratakan warna kulit Anda dengan foundation. Pilihlah foundation dengan warna yang cocok dengan warna kulit Anda, dan aplikasikan di wajah dengan jari tangan atau dengan kuas foundation khusus. Baurkan foundation hingga merata di kedua pipi dan di sekitar kedua mata. Ini akan menciptakan tampilan warna yang rata yang akan membantu mata Anda agar terlihat lebih menonjol, lebih besar dan lebih cerah.[1]
Gunakan foundation berbentuk krim atau bubuk, tergantung mana yang lebih cocok untuk jenis kulit wajah Anda.
Jangan terlalu banyak mengaplikasikan foundation, gunakan seperlunya saja. Jika Anda menggunakan terlalu banyak foundation, riasan Anda akan terlihat terlalu tebal dan ini justru akan mengurangi keindahan tampilan mata Anda.


to Membuat Mata Tampak Lebih Cerah
2
Gunakan concealer di bagian bawah mata. Jika Anda memiliki lingkaran gelap di bawah mata, concealer adalah alat yang sangat berguna untuk membantu mencerahkan mata Anda. Aplikasikan concealer dengan jari tangan dengan cara menggambar bentuk segitiga dari arah atas ke bawah di bawah mata, lalu ratakan concealer baik-baik. Mata Anda akan langsung terlihat lebih cerah.
Cara mengaplikasikan concealer dengan menggambar bentuk segitiga telah terbukti memberikan hasil yang terlihat lebih alami daripada cara-cara lainnya. Dua sudut segitiga itu haruslah berada di bawah kedua titik ujung mata Anda. Ujung segitiga haruslah melewati titik ujung atas tulang pipi Anda. Ratakan dengan baik agar garis-garisnya tidak lagi terlihat.


to Membuat Mata Tampak Lebih Cerah
3
Aplikasikan highlighter di titik-titik yang tepat. Highlighter semakin populer karena dianggap mampu mencerahkan wajah dan mata. Carilah highlighter berbentuk krim atau bubuk, yang akan memberikan kilauan yang lebih lembut. Tampilannya akan menangkap cahaya dan memberikan kilauan yang sehat dan awet muda pada wajah Anda. Aplikasikan highlighter di titik-titik berikut ini:
Pada lengkungan tepat di atas alis
Pada titik sudut dalam mata
Di sepanjang tulang hidung
Di sepanjang lekukan tulang pipi


to Membuat Mata Tampak Lebih Cerah
4
Gunakan pensil mata berwarna putih atau berwarna netral. Warna putih atau netral akan memberikan efek yang samar sekaligus membuat mata Anda terlihat lebih terbuka lebar. Warna-warna yang lebih cerah juga akan membuat mata Anda terlihat lebih cerah. Aplikasikan pensil mata berwarna putih atau netral di sepanjang garis air mata pada kelopak mata bagian bawah.[2] Biarkan bagian-bagian lainnya dari mata Anda polos tanpa guratan pensil mata.


to Membuat Mata Tampak Lebih Cerah
5
Aplikasikan eyeshadow berwarna pucat dan berkilau. Warna-warna pucat seperti biru, merah muda, ungu muda, emas dan perak akan menangkap cahaya lalu memberikan tampilan yang lebih cerah. Pilihlah warna-warna pucat yang berkilau, namun Anda dapat juga memilih warna pastel biasa yang lembut jika Anda tidak ingin mata Anda tampak mengilap.


to Membuat Mata Tampak Lebih Cerah
6
Lengkungkan bulu mata Anda. Melengkungkan bulu mata akan membuat mata terlihat lebih lebar dan hidup. Gunakan alat khusus untuk melengkungkan bulu mata di bagian atas dan bagian bawah setelah Anda selesai mengaplikasikan semua riasan di wajah Anda.


to Membuat Mata Tampak Lebih Cerah
7
Gunakan maskara sebagai sentuhan akhir. Warna gelap dari maskara akan tampak kontras dengan warna-warna pucat dari eyeshadow serta pensil mata, sehingga akan menonjolkan mata Anda. Membingkai mata Anda dengan bulu mata berwarna gelap akan membuatnya tampak lebih cerah. Aplikasikan maskara sebanyak satu atau dua lapis pada bulu mata sebelah atas dan sebelah bawah sebagai sentuhan akhir pada riasan Anda.



Metode 2 Menjaga Kesehatan Mata



1
Tidur cukup di malam hari. Riasan hanya dapat mengoreksi tampilan wajah Anda hingga batas-batas tertentu. Tidur cukup di malam hari adalah hal yang utama untuk memiliki mata yang tampak sehat dan cerah bercahaya. Alokasikan waktu sebanyak tujuh atau delapan jam setiap malamnya untuk Anda tidur, agar Anda dapat bangun dengan mata yang cerah dan bersemangat untuk hari itu.
Usahakan agar Anda tidur setiap malam dan bangun setiap pagi pada jam yang sama. Rutinitas ini membantu tubuh Anda beristirahat dengan baik, dan Anda akan bangun dengan penampilan yang segar sekaligus merasa segar.
Pada hari-hari di mana Anda tidak cukup tidur di malam sebelumnya, lakukan perawatan ekstra pada mata Anda, agar mata tetap terasa dan terlihat cerah sepanjang hari.


2
Minum banyak air. Minum air adalah trik kecantikan yang utama dalam hal penampilan mata (dan kulit dan rambut, sebenarnya). Jika tubuh Anda mengalami dehidrasi, mata Anda akan tampak suram atau justru memerah. Minum banyak air akan membantu mata Anda terlihat cerah dan bercahaya.
Saat merasa haus, minumlah air, bukan kopi atau minuman bersoda. Tidak ada minuman lain yang dapat mengatasi kekeringan di dalam tubuh Anda dengan cara yang lebih baik daripada air.
Salah satu cara yang baik untuk menjaga tubuh Anda agar tidak mengalami dehidrasi adalah dengan membawa botol air minum yang dapat digunakan berulang kali ke mana pun Anda pergi sepanjang hari. Dengan demikian, kapan pun Anda ingin/perlu minum, air sudah tersedia.


3
Hindari minuman beralkohol dan makanan asin. Alkohol dan garam dapat menyebabkan mata terlihat berkantong dan bengkak, karena kedua bahan ini mengakibatkan kekeringan di dalam tubuh.[3] Saat terburuk untuk mengonsumsi makanan asin dan minuman beralkohol adalah tepat sebelum tidur, karena tubuh Anda tidak akan memiliki cukup waktu untuk mencerna semua yang Anda konsumsi. Akibatnya, Anda akan terbangun dengan mata bengkak dan berkantong. Berhentilah makan dan minum beberapa jam sebelum tidur, dan minum banyak air untuk mengatasi minuman beralkohol serta makanan asin yang sempat Anda konsumsi sebelumnya.


4
Konsumsi makanan bergizi yang memberikan nutrisi bagi mata Anda. Dalam jangka panjang, jika Anda ingin mendapatkan mata yang lebih cerah, periksa kembali pola makan Anda dan perhatikan apakah Anda dapat menambahkan nutrisi tertentu yang memang akan bermanfaat bagi mata Anda. Berikut adalah jenis-jenis nutrisi yang dapat Anda tambahkan dalam makanan Anda sehari-hari demi meningkatkan kesehatan mata Anda dalam jangka panjang:
Wortel dan ubi: karena mengandung beta karoten, yang sangat baik untuk mencegah degenerasi makular dan katarak.[4]
Bayam, paprika dan kubis: karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang akan melindungi mata.
Kalkun dan daging tak berlemak lainnya: karena mengandung seng dan berbagai jenis vitamin B yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.
Ikan salmon, sarden dan kacang almon: karena mengandung asam lemak omega 3, yang akan melindungi mata.


5
Pastikan agar lensa kacamata Anda berukuran tepat. Walaupun Anda memiliki pola makan dan pola tidur yang sehat, kelelahan mata dapat menyebabkan iritasi, kekeringan dan kemerahan pada mata. Anda tidak akan mendapatkan mata yang sehat dan cerah. Pastikan bahwa Anda memeriksakan kondisi mata Anda ke dokter mata secara rutin, agar ukuran lensa kacamata atau lensa kontak Anda selalu tepat.


6
Singkirkan segala bahan yang menyebabkan Anda mengalami reaksi alergi. Debu, bulu kucing, jamur dan bahan-bahan alergen lainnya dapat membuat mata memerah dan bengkak. Usahakan agar lingkungan Anda sebebas mungkin dari bahan-bahan alergen. Selama musim alergi, minum obat Anda untuk mengurangi reaksi mata bengkak dan iritasi, sehingga mata Anda tetap terasa dan terlihat sehat serta cerah.


7
Gunakan cairan tetes mata jika perlu. Ini adalah cara yang cepat untuk menggantikan kelembapan mata dan membuatnya tampak lebih cerah dengan seketika. Cairan tetes mata telah diformulasikan secara khusus untuk menggantikan air mata alami dan melembapkan mata Anda.



Metode 3 Menggunakan Bahan-bahan Pencerah yang Alami



1
Kompres mata Anda dengan mentimun. Ini adalah pengobatan yang sangat baik untuk dilakukan saat Anda terbangun dengan mata berkantong dan bengkak di pagi hari. Berbaringlah telentang, pejamkan mata dan taruhlah dua iris mentimun dingin di atas masing-masing kelopak mata. Diamkan selama kira-kira lima menit, hingga mentimun menjadi lebih hangat. Suhu yang dingin akan membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan. Jika Anda tidak memiliki mentimun, gunakan dua buah sendok yang didinginkan.[5]


2
Gunakan kantong teh kamomil. Kamomil adalah bahan bersifat menenangkan yang dapat membantu mengurangi iritasi mata. Celupkan dua kantong teh di dalam air, peras hingga air tidak lagi menetes, lalu dinginkan di dalam lemari es selama beberapa menit. Taruhlah kantong teh di atas kelopak mata yang terpejam, dan diamkan selama lima menit.


3
Gunakan parutan kentang. Parut kentang putih dan taruhlah segumpal parutannya di atas kelopak mata yang terpejam. Diamkan kentang di atas mata Anda selama lima menit, kemudian bilaslah dengan air dingin. Kentang memiliki sifat alami yang mampu menyebabkan jaringan berkontraksi, sehingga akan membantu mengurangi pembengkakan.


to Membuat Mata Tampak Lebih Cerah
4
Buatlah bahan kompres dengan menggunakan witch hazel. Witch hazel adalah bahan lembut yang juga dapat menyebabkan jaringan berkontraksi, sehingga sering digunakan sebagai bahan dalam produk-produk pertolongan pertama, karena dapat membantu mengurangi pembengkakan. Celupkan dua bulatan kapas dalam bahan witch hazel, lalu tempatkan di atas kelopak mata yang terpejam selama lima menit. Setelah itu, bengkak dan iritasi seharusnya akan berkurang.[6]


to Membuat Mata Tampak Lebih Cerah
5
Buatlah bahan kompres dengan menggunakan lidah buaya. Jika mata Anda terasa panas dan gatal, lidah buaya adalah solusinya. Celupkan dua bulatan kapas dalam jeli lidah buaya, lalu dinginkan di dalam lemari es selama beberapa menit. Taruhlah bulatan kapas dengan bahan lidah buaya ini di atas kelopak mata yang terpejam, diamkan selama lima menit lalu buang.
Sumber
http://www.sheknows.com/beauty-and-style/articles/1061069/tricks-to-brighten-your-face-with-makeup
http://www.elle.com/beauty/makeup-skin-care/brightening-makeup# slide-13
http://www.huffingtonpost.com/2013/10/24/alcohol-skin_n_4146391.html

0 Response to "Cara Mudah Membuat Mata Tampak Lebih Cerah"