Cara Mudah Membuat Pita Rambut

Pita rambut adalah aksesori yang manis untuk gadis-gadis kecil. Akan tetapi, pita yang dibuat dengan bahan yang lebih bagus juga dapat menambah kesan cantik atau elegan pada penampilan Anda sebagai orang dewasa. Pelajari bagaimana cara membuat pita klasik yang berbentuk seperti dasi kupu-kupu untuk Anda pakai sendiri atau untuk diberikan kepada gadis kecil dalam hidup Anda.


(Untuk sanggul rambut yang tampak menyerupai pita, lihat Cara Membuat Pita dari Rambut Anda.)




Metode 1 Memilih Bahan-Bahan Pita Rambut



1
Pilih kain yang tepat. Anda akan membutuhkan sekitar 50 cm kain untuk membuat satu pita. Pita rambut klasik terlihat cantik dengan menggunakan jenis atau motif kain apa pun. Pilih warna terang yang cocok dengan pakaian favorit Anda atau pilih motif seru yang bisa membuat pita tersebut menonjol. Pertimbangkan pilihan-pilihan sebagai berikut ketika Anda memilih bahan kain:
Kain tebal seperti katun, linen, atau denim dapat membuat pita Anda menjadi kaku dan berbentuk sempurna. Kain yang melar atau lemas akan membuat pita menjadi lemas pula. Pilih kain dengan tekstur yang sesuai dengan tampilan pita yang Anda inginkan.
Motif besar pada kain tidak akan benar-benar terlihat jelas ketika kain sudah berubah menjadi pita. Sementara motif polka dot, garis-garis, dan motif kecil-kecil semacamnya akan terlihat jelas.


2
Pilih penyokong pita. Ada banyak cara untuk memasang pita yang sudah jadi pada rambut Anda. Carilah dari beberapa pilihan berikut ini yang tersedia di toko kerajinan terdekat:
Jika Anda ingin memakai pita tersebut sebagai jepit rambut, maka belilah landasan jepitan rambut dari logam untuk dipasangi pita yang sudah jadi nanti.
Anda juga bisa menempelkan pita tersebut pada bando berbahan kain atau plastik sebagai pilihan lain.


3
Beli bahan-bahan perlengkapan lainnya untuk membuat pita. Kain dan bagian penyokong pita adalah bahan-bahan dasar terpenting pada pita rambut, namun untuk menyelesaikan karya ini Anda juga membutuhkan bahan-bahan lain seperti:
Benang untuk menjahit pita. Pilih benang yang berwarna senada dengan warna kain atau pilih warna yang sekalian kontras agar terlihat mencolok.
Gunting kain.
Jarum pentul untuk menahan pita agar tetap di tempat sementara Anda menjahitnya.
Sebuah mesin jahit atau jarum jahit untuk menjahit dengan tangan.
Sebuah lem tembak atau lem kain super kuat.


Metode 2 Menjahit Dasar Pita



1
Potong kainnya menjadi dua segi empat. Segi empat pertama berukuran lebar 24,1 cm dan panjang 26,7 cm; bagian ini akan menjadi bagian utama untuk pita. Potong segi empat kedua dengan ukuran lebar 6,4 cm dan panjang 8,9 cm; bagian ini akan menjadi bagian tengah yang menahan pita sehingga terbentuk sempurna.


2
Lipat kain yang lebih besar menjadi setengah dan memanjang. Pastikan sisi bermotif dari kain tersebut menghadap ke dalam lipatan. Biarkan hanya bagian bawah kain yang polos yang terlihat keluar.


3
Jahit sepanjang sisi yang memanjang menjadi satu menggunakan teknik jahitan lurus sederhana. Anda bisa menggunakan mesin jahit atau menjahitnya sendiri dengan tangan. Jahit bagian sisi kain yang memanjang dan berlawanan dengan lipatan saja; biarkan kedua bagian pendek di ujung-ujung kain tetap terbuka. Sekarang Anda mendapati kain Anda menjadi berbentuk tabung yang telah dijahit pada sisi memanjangnya dengan bagian dalam berada di luar.


4
Balik kain tersebut agar sisi yang bermotif kembali terlihat keluar. Letakkan kain pada meja yang rata kemudian posisikan sehingga jahitan tadi berada di tengah-tengah tabung bukannya di salah satu sisi tabung saja.
Pastikan jahitan benar-benar berada di tengah kain dengan menggunakan penggaris atau pita pengukur pada kedua sisi jahitan. Kedua sisi tersebut haruslah seimbang.
Posisikan kain tadi agar jahitannya menghadap ke atas pada tabung kain tersebut dan tidak menghadap ke bawah menempel pada meja.


5
Lipat tabung kain menjadi setengah kemudian jahit sisi-sisi yang masih terbuka. Jahit dengan mesin jahit atau jahit tangan, buat jahitan berbiku-biku atau jahitan lurus pada sepanjang ujung-ujung kain yang tidak dilipat dan belum dijahit. Sekarang tabung Anda sudah berubah menjadi segi empat yang terlipat dan terjahit. Balik kain agar jahitan yang baru menghadap ke dalam.


Metode 3 Menjahit Penahan Pita



1
Buat sebuah tabung kecil. Lipat kain yang lebih kecil tadi menjadi setengah sehingga bagian bawah kain yang polos menghadap keluar. Gunakan jarum pentul untuk menahan sisi-sisi belum dijahit menjadi satu. Dengan mesin jahit atau jahitan tangan buatlah jahitan berbiku-biku atau lurus di sepanjang tepian tersebut. Lepaskan jarum-jarum pentul dan balik kainnya sehingga bagian dalam tabung menghadap kembali ke luar. Jadilah sebuah tabung kain kecil.


2
Lipat tabung kain kecil tersebut menjadi setengah dan buatlah menjadi sebuah lingkaran. Gunakan mesin jahit atau jahitan tangan untuk menjahit ujung-ujung lingkaran tersebut menjadi satu dengan jahitan berbiku-biku atau jahitan lurus. Balik kainnya agar bagian yang baru dijahit menghadap ke dalam. Sekarang lingkaran kain Anda sudah siap.


Metode 4 Merangkai Pita Rambut



1
Bentuk lipit pada dasar pita. Ambil kain besar pertama yang telah Anda jahit menjadi lipatan segi empat. Posisikan sehingga jahitannya tadi berada pada posisi mendatar di tengah-tengah segi empat tersebut. Dengan ibu jari dan telunjuk jepit kain dari bagian atas dan bawah jahitan, sehingga jahitannya tertutup dan terapit di antara kain yang terjepit. Terus jepit kainnya untuk membuat lipit di atas dan di bawah tanda jahitan sampai Anda mendapakan 4 lipit: 2 di bawah jahitan dan dua di bawah jahitan.
Anda mungkin membutuhkan latihan beberapa kali sebelum bisa membentuk lipit yang sempurna. Usahakan membuat lipit-lipit tersebut seseimbang mungkin, jepit kain dalam ukuran yang sama setiap Anda membuat satu lipit.
Jika Anda menginginkan lebih dari 4 lipit, cobalah bereksperien dengan menjepit lebih banyak kain untuk mendapatkan lebih banyak lipit. Jangan lupa pastikan bahwa lipit di atas dan di bawah tanda jahitan di tengah pita berjumlah sama.


2
Beri penahan pita pada bagian tengahnya. Tusukkan beberapa jarum di tengah bagian dasar pita hingga menembus lipit-lipit tadi guna menahan lipit agar tak berubah. Selipkan lingkaran penahan melalui salah satu ujung dasar pita sampai lingkaran kecil tadi berada tepat di tengah pita.


3
Pasanglah pita pada penyokong yang sudah dipilih. Gunakan lem tembak panas untuk menempelkan bagian belakang pita pada jepitan polos atau bando.

Tips
  • Oles lem kain tipis-tipis pada pita Anda yang telah jadi kemudian taburkan hiasan kerlap-kerlip untuk menambah kesan ceria.
  • Anda bisa menyesuaikan warna pita dengan warna pakaian Anda agar terlihat manis.

Hal yang Anda Butuhkan
  • Kain
  • Penyokong pita, contohnya jepit rambut polos atau bando.
  • Benang
  • Mesin jahit atau jarum jahit
  • Gunting
  • Penggaris atau pita pengukur
  • Lem panas atau lem super
  • Jarum pentul (tidak wajib)
Sumber
http://rookiemag.com/2012/02/how-to-make-a-bow/
http://www.instructables.com/id/Make-Your-Own-Hair-Bows-At-Home/step7/Loop-Once-Tie-Twice/

0 Response to "Cara Mudah Membuat Pita Rambut"